Rapat Kerja tahun 2018

Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN) yang saat ini telah menghimpun sebanyak 105 Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia melihat semakin berkembangnya tuntutan untuk tetap dan senantiasa mampu mendukung Visi dan Misi masing-masing Institusi Induknya dan pergeseran permintaan dan layanan dari pengguna perpustakaan. Sementara itu dukungan anggaran masing-masing institusi berbeda-beda yang menyebabkan tidak dapat terpenuhinya kebutuhan dan tuntutan tersebut. Oleh sebab itu, resource sharing antar Perpustakaan merupakan sebuah keniscayaan yang mau tidak mau harus dilakukan guna bisa memenuhi tuntutan tersebut serta memaksimalkan sumber daya yang ada. Tentu saja tuntutan di atas sangat membutuhkan komitmen bersama antar Pimpinan dan Pengambil Kebijakan yang bisa diejawantahkan di dalam bentuk kegiatan-kegiatan bersama.

Melihat pentingnya jejaring ini, kegiatan Rapat Kerja Nasional FKP2TN tahun 2018 akan mengambil tema “Penguatan Jejaring untuk Layanan yang Lebih Baik”. Serangkaian kegiatan akan digelar, antara lain workshop, Seminar Nasional, dan penandatanganan Naskah Kerjasama antara Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) dengan beberapa Perguruan Tinggi Negeri.

Penyelenggaraan Rapat Kerja Nasional ini dimaksudkan untuk:

  1. Pengukuhan pengurus FKP2TN periode 2017-2020 oleh Kepala Perpusnas.
  2. Penandatanganan Naskah Kerjasama antara Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) dengan beberapa Perguruan Tinggi Negeri.
  3. Memperkuat jejaring antara anggota Forum.
  4. Menentukan arah kebijakan dan mengidentifikasi peluang dan tantangan pelaksanaan kerjasama antar Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri di masa depan.

Bentuk kegiatan yang akan diselenggarakan adalah :

1. Pengukuhan Pengurus periode 2017-2020

Pengukuhan Pengurus periode 2017-2020 akan dilakukan oleh Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) yang disaksikan oleh seluruh hadirin, termasuk para Pimpinan PTN yang akan melakukan penandatanganan Naskah Kerjasama.

2. Rapat Kerja Nasional

Rapat Kerja Nasional dihadiri oleh perwakilan Perpustakaan anggota FKP2TN dan Perpustakaan bukan anggota (peserta pengamat) yang akan membahas tentang pemaparan dan pengesahan program kerja Pengurus periode 2017 – 2020.

3. Penandatanganan Naskah Kerjasama

Pada kesempatan ini akan dilakukan penandatanganan naskah kerjasama dalam bentuk MoU antara Perpusnas dengan FKP2TN dan kurang lebih 45 PTN anggota FKP2TN.

4. Seminar Nasional

Seminar akan menghadirkan pembicara nasional dengan tema “Pemanfaatan Open Academic Resource untuk Kegiatan Pembelajaran.

5. Workshop

Perhelatan Rapat kerja 2018 akan diawali dengan 2 (dua) kelas workshop secara paralel pada tanggal 21 Maret 2018. Kelas workshop adalah:

  1. Open Education Resource
  2. Academic Writing for Librarians
  3. Digital Literacy

Kapasitas per kelas adalah 25 orang peserta.

6. Library visit dan benchmarking

Hari terakhir, 23 Maret 2018, akan diisi dengan kunjungan dan benchmarking ke Perpustakaan Universitas Bangka Belitung dan Politeknik Manufaktur Bangka Belitung.