Laporan Kegiatan Library & Learning Commons di Malaysia

Laporan Kegiatan Library & Learning Commons di Malaysia

fkp2tn malay Forum Kerjasama Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN) baru baru ini melakukan benchmarking ke Perpustakaan Perguruan Tinggi di Kuala Lumpur Malaysia yaitu di Monash University dan Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) pada tanggal 16 – 18 September 2015.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan bagi pengelola perpustakaan dalam rangka pengembangan perpustakaan untuk memenuhi standart internasional. Diikuti oleh 29 (duapuluh sembilan) orang terdiri dari Kepala Perpustakaan, Pustakawan dan Petugas Perpustakaan Perguruan Tinggi anggota FKP2TN.

Kegiatan awal dengan mengunjungi Perpustakaan University Kebangsaan Malaysia (UKM). Sambutan yang ramah dan banyak hal yang menarik didapatkan dari sharing information antara lain di Pustakawan Perpustakaan UKM menulis pada jurnal internasional untuk kepentingan jabatan kepustakawanannya dan memberikan layanan peminjaman drive thru melalui komunikasi whatsapp on PC sebelumnya.

Dilanjutkan dengan mengunjungi Perpustakaan Monash University, kami disambut dengan hangat. Time schedule mulai dari delegation arrival sampai dengan end visit kami di suguhi dengan informasi-informasi yang menarik dan ditutup dengan kegiatan discussion with delegates refreshments. Perpustakaan Monash University didukung kuat dengan teknologi informasinya sehingga tidak banyak memerlukan sumber daya manusia untuk mengelolanya.